Materi Pengenalan TIK di SMP dan SMA

Dalam pembelajaran TIK, guru tentunya harus mengenal hal-hal apa saja yang terkait dengan Teknologi Informasi Komunikasi itu sendiri. Dengan demikian, akan terhindar dari kekosongan dan kekuan dalam penyampaian materi ajar. Berikut adalah hal-hal yang dapat dibahas dalam menyampaikan materi terkait TIK.

1.         Konsep Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

Ada 3 kata kunci dalam memahami TIK, yaitu:

  1. Teknologi
  2. Informasi
  3. Komunikasi
  1. a.       Definisi Teknologi

Menurut Nasution (1995) istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu technologia yang menurut Webster Dictionary berarti systematic treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, sedangkan techne sebagai dasar kata teknologi bararti art, skillscience atau keahlian, keterampilan, ilmu. Sejalan dengan pengertian tersebut, Salisbury (1996) mengemukakan bahwa kata teknologi, sebagaimana digunakan oleh para ilmuwan dan para filosofis ilmu pengetahuan menunjuk kepada cara di mana  kita menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis.

  1. b.      Informasi

Konsep dasar informasi merupakan hasil dari pengolahan data, akan tetapi tidak semua hasil dari pengolahan tersebut dapat menjadi informasi yang siap dipakai.

Ciri-ciri informasi:

  1. Accurate (Akurat)

Akurat berarti menunjukkan kebenaran, kepastian, ketepatan, dan konsistensi, misalnya informasi ilmiah (berdasar ilmu pengetahuan), informasi dari ulama, guru, atau dosen, informasi dalam hukum atau aturan, dan informasi yang disampaikan oleh seorang ditektif (spionase), dsb-dsb. Informasi-informasi tersebut harus akurat.

  1.  2.    Advance (Unggul)

Informasi dikatakan unggul jika mempunyai nilai tambah, mempunyai nilai lebih dari yang lain, dan penghargaan yang tinggi. Informasi unggul harus memenuhi aspek-aspek informasi tingkat tinggi yaitu sangat akurat, sangat penting, dan sangat bermanfaat, misalnya informasi di dalam kitab suci, informasi yang disampaikan pimpinan agama(ulama, dsb.), informasi bidang tertentu yang disampaikan oleh ahlinya, dsb-dsb.

  1.  3.    Clear (Jelas)

Informasi dikatakan jelas apabila mudah dibaca, dilihat, didengar, diraba, dirasakan, danatau dipahami. Jelas bisa berarti jelas tulisannya, gambarnya, suaranya, maknanya, dsb. Jadi, informasi ini tidak menghasilkan kesalah-pahaman, tidak mendua (ambigu), dan tidak munafiq, yaitu informasi apa adanya, jujur. Contoh ciri informasi ini adalah informasi peraturan lalu lintas, informasi di gambar atau peta, informasi yang disampaikan oleh penceramah, dsb-dsb. Informasi yang jelas memang menuntut manusia untuk mengerti dan memahaminya dengan baik.

  1.  4.    Complete (Lengkap)

Informasi yang baik adalah informasi yang lengkap, yaitu memenuhi aspek-aspek yang memang dibutuhkan dan memperjelas, misalnya aspek waktu, tempat, tujuan, alasan, keperluan, biaya, jumlah, cara, media, orang, dsb. Contoh ciri informasi ini adalah informasi dalam suatu undangan atau dalam suatu tiket. Undangan atau tiket hendaknya member informasi yang lengkap tentang waktu, tempat, biaya, dsb.

  1.  5.    Frequent (Frekuensi)

Dalam konteks ini, frekuensi adalah informasi yang sering dimunculkan (disampaikan), sehingga berulang-ulang dilihat, didengar, atau “ditangkap”. Informasi yang diulang-ulang biasanya informasi yang sangat penting dan bernilai tinggi, seperti bacaan surat al-Fatihah yang diulang minimal 17 kali sehari-semalam (bagi yang mendirikan shalat), dan informasi tentang ramalan cuaca atau pembacaan berita.

  1.  6.    Positive Purpose (Tujuan Positif)

Informasi yang bertujuan baik adalah informasi yang berkualitas baik, misalnya bertujuan untuk meningkatkan imtaq (iman-taqwa) seseorang, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk meningkatkan minat baca-tulis, untuk membangun negara, dsb-dsb.

  1.  7.    Relevant (Relefan/Sesuai) or Objective

Informasi yang baik ialah informasi yang relefan (sesuai) dengan obyek, waktu, tempat, kebutuhan, minat, tujuan, profesi, status-peranan, keadaan alam, dsb. Informasi yang baik sesuai dengan obyeknya. Contoh ciri informasi ini adalah bahwa seorang muslim membutuhkan informasi tentang isi al-Quran dan al-Hadits, syari’ah Islam, aqidah, akhlaq, ibadah, pendidikan, dsb-dsb. Seorang pustakawan memerlukan informasi tentang peraturan perpustakaan, koleksi perpustakaan, buku-buku baru, system katalogisasi, system sirkulasi, sumber-sumber informasi, dsb-dsb. Seorang guru atau dosen membutuhkan informasi tentang perencanaan mengajar, kurikulum, tujuan pendidikan, materi pelajaran (mata kuliah), metode mengajar, media mengajar, cara mengevaluasi siswa, dsb-dsb.

  1.  8.    Responsible, Reliable Source (Sumber Terpercaya, Tanggung Jawab)

Informasi yang baik adalah informasi yang bersumber dari seseorang atau lembaga yang bertanggung jawab, bisa dipercaya (amanah) dan ditelusuri (check and recheck). Sumber informasi yang amanah dan bertanggung jawab dapat dilihat dari akhlaq (moralitas), profesionalitas (otoritas ilmu), dan informasinya akurat, relefan (obyektif), lengkap, dan jelas. Orang-orang yang dikenal baik (jujur, amanah, dsb.) dapat menjadi sumber informasi yang bertanggung jawab. Pemerintah, koran, jurnal, majalah yang baik dapat juga menjadi sumber informasi yang terpercaya.

  1.  9.    Up-to-date (Baru/Terbaru)

Ciri ini dapat diperdebatkan, ada yang setuju, ada yang tidak, karena melihat isi dan konteks informasi masing-masing. Dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau konteks pertukaran mata uang asing, informasi yang baru (terbaru) merupakan informasi yang baik. Informasi baru dikatakan baik jika memang isinya (yang baru) memang sangat dibutuhkan, sehingga informasi yang lama tidak dipakai lagi. Namun demikian, banyak informasi lama yang masih sangat dibutuhkan, seperti isi kitab suci, sebagian teori-teori atau konsep-konsep lama tentang suatu ilmu (misalnya, the Canon of Medicine oleh Avicenna (Ibnu Sina), the Gravitation Law oleh Newton, dsb.), catatan-catatan sejarah yang jujur, dsb-dsb.

  1.  10.     Useful (Manfaat)

Informasi yang baik adalah informasi yang bermanfaat. Pemanfaatan informasi tergantung pada kebutuhan seseorang seperti kebutuhan agama, ekonomi, belajar, karier/pekerjaan, hiburan, hobbi, hubungan social, dsb. Informasi isi al-Quran sangat penting bagi ummat manusia, khususnya muslimin-muslimat. Informasi ilmiah dibutuhkan oleh siswa, guru, atau peneliti. Informasi tentang harga barang, produk barang, perkembangan ekonomi, inflasi, biaya, tren pasar, dsb., sangat bermanfaat bagi para pedagang atau pelaku bisnis. Informasi yang bermanfaat juga berarti kemudahan dalam mencari dan memanfaatkan informasi.

  1. c.       Komunikasi

Proses penyampaian informasi dalam bentuk pesan melalui media dan tanpa melalui media berteknologi dari sumber pesan kepenerima pesan.

Kesimpulan:
jadi dapat disimpulkan bahwa TIK adalah satu prosedur atau pendekatan yang dikembangkan dengan berbasis ide, proses dan hasil dalam rangka menyampaikan informasi melalui sistem komunikasi untuk menciptakan pemahaman tentang satu perubahan.

SASARAN STRATEGIS TIK

(1) Masyarakat menuju knowledge based society.

(2) Publik menuju e-Services.

(3) Pemerintah menuju e-Government.

(4) Industri (termasuk Badan Usaha Milik Negara) menuju industri teknologi informasi dan komunikasi global.

(5) Masyarakat ilmu pengetahuan dan teknologi dan lembaganya menuju kelas dunia.

Secara nasional TIK mencakup fungsi-fungsi sebagai berikut:

–          Meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Pendidikan.

–          Meningkatkan daya saing bangsa melalui pendidikan.

–          Memperkuat kesatuan dan persatuan nasional melalui pendidikan.

–          Mewujudkan pemerintahan yang transparan.

–          Meningkatkan jati diri bangsa di tingkat internasional melalui ICT for eeducation.

Peran TIK

–          Menyediakan akses dan mengorganisir informasi dan pengetahuan dan keterampilan secara digital

–          Mempercepat dan mereduksi biaya transaksi dan inovasi dalam rangka transfer on konwledge

–          Membentuk hubungan langsung dalam pengelolaan pendidikan

  1. 2.         Menentukan dan mengevaluasi bahan TIK

Dalam menentukan bahan tik, berarti kita berbicara bagaimana kita menentukan model dan strategi pembelajaran TIK. Adapun model dan strategi tersebut adalah : teori belajar behaviorisme yaitu diamana proses pembelajaran yang terjadi adalah hasil pengajaran yang disampaikan gurubaik melalui media tapun tidak. Sedangkan teori belajar kontrukstivisme yaitu penggunaan media sebagai langkah yang memberikan kemungkinan siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan.

KOZMA ,1991: Media dapat dibedakan dari teknologi (mekanik, elektronik, bentuk fisik), sistem simbolik (karakter alpha-numerik, objek, gambar, suara) serta sarana yang digunakan (radio, video, komputer, buku) .

Manfaat strategi dan model pembelajaran:

  1. Menimbulkan dan mempertahankan perhatian siswa.
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  3. Mengingatkan kembali prinsip/konsep yang telah dipelajari
  4. Menyampaikan materi.
  5. Memberikan bimbingan belajar.
  6. Memperoleh unjuk kerja siswa
  7. Memberikan umpan balik.
  8. Mengukur hasil belajar.
  9. Memperkuat retensi dan transfer belajar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan strategi pembelajaran:

  • SDM

Guru harus mampu mengoperasikan media yang akan digunakan

  •  Infrastuktur

Infrastruktur yang ada harus mendukung media yang akan digunakan

  •  Kebijakan

Harus ada kebijakan yang mendukung pemanfaatan media yang akan digunakan

Strategi pembelajaran meliputi :

  • Persiapan

Mencakup Analisis Kurikulum, analisis kebutuhan maupun desain

  • Pembelajaran

Metode yang digunakan secara umum adalah :

Klasikal

Metode klasikal, yaitu penggunaan media komputer dengan sebuah media tayang lebar.

Kelompok

Metode kelompok, metode ini dapat diterapkan pada kelas dengan  sejumlah kecil komputer. Sebuah komputer digunakan untuk beberapa siswa. Cara ini memungkinkan siswa untuk saling berdiskusi.

Individual

Metode individual, yaitu satu orang siswa dengan  sebuah komputer.

Metode ini dapat digunakan untuk sekolah yang memiliki banyak komputer (laboratorium).

Siswa juga dapat mengcopy software untuk digunakan di rumah sebagai bahan remedial.

Siswa dapat menggunakan media internet di luar jam sekolah, untuk menerima/kirim tugas, mencari bahan dari luar sekolah.

  • Evaluasi

Evaluasi diperlukan untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan cocok atau tidak

  1. 3.         Langkah-langkah pembelajaran TIK

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Manfaat dari adanya RPP ini adalah agar pembelajaran yang terjadi di dalam kelas dapat mencapai hasil maksimal, karena segala sesuatu yang telah direncanakan terlebih dahulu akan mendapatkan hasil terbaik.

rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam Silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

(RPP dibawah)

  1. 4.         Konsep internet dan aplikasinya

Internet (interconnection networking) : jaringan komputer yang menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer dimana antara satu komputer dengan komputer lain dapat saling berhubungan.

Manfaat penggunaan internet :

  1. Media dalam mendapatkan informasi
  2. Media untuk melakukan promosi
  3. Media komunikasi interaktif
  4. Media pembantu kegiatan  bisnis,pendidikan,atau perdagangan online

Fasilitas dan layanan internet :

1. Mailling list : fasilitas yang digunakan oleh sekelompok orang pengguna sbg sarana menukar informasi lewat e-mail.

2. E-mail : fasilitas untuk menerima atau mengirim pesan dalam bentuk surat elektronik.

3. IRC (internet relay chat) : fasilitas untuk berkomunikasi secara interaktif antar pengguna komputer yang saling terhubung dalam jaringan internet.

4. FTP (file transfer protocol) : fasilitas yang digunakan untuk bertukar,menyalin,dan mendapatkan file,data yang tersimpan dalam internet.

5. VOIP (voice over internet protocol) : fasilitas untuk melakukan pembicaraan telephon melalui jaringan internet.

6. Newsgroup : fasilitas untuk mendistribusikan artikel,berita,atau surat ke pemakai internet lain yg tergabung dalam kelompok tertentu.

7. HTTP (hyper text transfer protocol) : fasilitas berbasis www.

  1. 5.         Web browser

web browser disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web, adapun aplikasi penjelajah web adalah opera, Home, mozilla, Internet explorer, safari, dll.

  1. 6.         Cara mencari informasi dengan efektif

Cara mencari informasi di mesin pencari sangatlah mudah, cukup kita ketikkan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis akan keluar pilihan pilihan kata terkait apa yang kita cari. Adapun mesin pencari tersebut adalah google, msn, bing, yahoo, dll.

  1. 7.         Mendownload informasi dari internet

ada beberapa cara untuk mendownload informasi dari internet, salah satunya alah dengan mengkopi lalu pastekan kelebar kerja Word, yaitu dengan jeblok terlebihdahulu artikel yang ingin di kopi, kemudian tekan Ctrl+c lalu buka lembar kerja World kemudian tekan Ctrl+v, maka otomatis artikel yang kita inginkan terdownload,, ada pula cara Save Paget as, yaitu dengan mengklik opera button pada pojok kiri atas layar, kemudian pilih Paget lalu pilih Save as, selanjutnya pilih destinasi folder tempat kita menyimpan halaman web yang ingin kita download, lalu klik Save. Selesai.

  1. 8.         Komunikasi melalui internet

Dengan layanan internet, kita dapat berkomunikasi dari satu komputer kekomputer lain, baik itu dalam wilayah lokal maupun wilayah luar daerah kita. Adapun aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan internet adalah facebook, twitter, yahoo mail, google+, email, skype (webcam), dll.

Untuk RPP dibawah adalah contoh RPP yang dapat digunakan sebagai referensi untuk pembelajaran TIK

Rencana Pelaksanaan   Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran                    : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Kelas / Semester                 : XI / 1 (SATU)

Waktu                                    :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi           : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer

Satuan Pendidikan             : SMAN 1 CARIU

1.           KOMPETENSI DASAR

1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

2.      INDIKATOR

2.1    Mendeskripsikan fungsi  perangkat keras yang digunakan untuk akses internet

2.2    Mendeskripsikan peran internet service provider (ISP)

2.3    Mendeskripsikan user ID dan Pasword

3           TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

Pertemuan  Ke-1
  • Mendeskripsikan Local Area  Network (LAN)
  • Mendeskripsikan Wide Area Network (WNA)

Pertemuan Ke-2

  • Mendeskripkan fungsi dari internet
  • Menyebutkan bagian-bagian dari perangkat keras (hardware) untuk akses internet

Pertemuan Ke-3

  • Memahami cara memilih ISP
  • Mendeskripsikan User ID dan Password
    • Perangkat Keras Internet

4           MATERI PEMBELAJARAN

5           MODEL PEMBELAJARAN

Multimodel Pembelaajaran (Model pembelajaran kooperatif & Pembelajaran Langsung)

6           SUMBER BELAJAR

6.1         Buku pegangan LKS

6.2         Seperangkat computer

6.3         LCD

7           KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.  Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
  2. Apersepsi tentang komunikasi jarak jauh
  3. Motivasi kemudahan internet

B.       Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)

  1. Guru meminta agar ketua kelas membagi siswa dalam kelas untuk membentuk kelompok dengan jumlah 1 kelompok paling banyak 5 orang.
  2. Guru membagikan masalah atau pokok permasalahan pada setiap kelompok
  3. Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN) dan Manfaat internet  (Setiap kelompok membahas masalah yang berbeda)
  4. Guru memantau jalannya diskusi
  5. Setiap kelompok  maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusi
  6. Setelah diskusi selesai siswa dibimbing untuk menyelesaikan masalah yang belum terpecahkan
  7. Siswa diajakan untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu

Pertemuan Ke-2

1.     Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok  dengan jumlah siswa paling banyak 5 orang

  1. Siswa diminta untuk membahas secara berkelompok materi Perangkat Keras internet dan istilah-istilah dalam internet
  2. Guru membimbing jalanya diskusi
  3. Beberapa kelompok diminta maju ke depan dengan cara diundi untuk mempresentasikan hasil diskusinya pada saat itu
  4. Guru membimbing jalannya diskusi agar semua indikator dapat  tercapai
  5. Siswa dibimbing untuk mengambil kesimpulan dan membuat rangkuman akhir
  6. Guru melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang

Pertemuan ke-3 (1 jam pelajaran)

  1.  Guru menginformasikan mengenai ISP, User ID dan proses pengolah DNS
  2. Cara setup Modem, cara dial lewat telepon
  3. Siswa menyimak dan membuat rangkuman dari informasi yang diberikan guru
  4. Siswa diajak untuk membuat kesimpulan pembelajaran pada saat itu

1 Jam Pelajaran digunakan untuk Ulangan Blok ke-1

7. PENUTUP

  1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
  2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

8.   PENILAIAN

  • Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100

(Lihat Buku Jilid 2 – Uji Indikator halaman 5, halaman 10, 14 dan halaman 22

  • 1.  Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:

Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer

No Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik Baik Sedang Kurang
1 Kemampuan mengidentifikasi hardware untuk internet
2 Keterampilan mensetup modem
3 Keterampilan mensetup untuk dial melalui telepon rumah (telkomne@instan)
4 Keterampilan mengadakan dialing (hubungan ke halaman internet melalui telkomnet@instan)
Rata-rata

Kriteria / Konversi nilai

Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 69

Sangat baik >=90, Baik  90 –  80, Sedang 80 – 70, Kurang < 69

                                                                       

Mengetahui                                                                                                                          Cariu, Juli 2011

Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Drs. Ayep Rahmat, MW. MPd                                                                                           Indra Kurniawan, S.TI

NIP. 196003061986031003                                                                         NIP.198405272011011001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan   Pembelajaran (RPP)

 

Mata Pelajaran                    : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Kelas / Semester                 : XI / 1 (SATU)

Waktu                                    :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi           : 1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

Satuan Pendidikan             : SMAN 1 CARIU

1.       KOMPETENSI DASAR

1.2.  Mendeskripsikan cara akses internet

2.       INDIKATOR

Pertemuan ke-2 (2 Jam Pelajaran)

  • Identifikasi internet eksplorer
  • Menggunakan fasilitas yang ada pada internet explorer

Pertemuan ke-2 (2 Jam Pelajaran)

  • Mendeskripsikan pelayanan www sebagai sumber informasi

Pertemuan ke-3 (2 Jam Pelajaran)

  • Mendeskripsikan HTML

3.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat

  1. Mengidentifikasi internet explorer dan fungsinya
  2. Menggunakan fasilitas internet explorer
  3. Mendeskripsikan pelayanan www sebagai sumber informasi
  4. Mendeskripsikan pengertian URL dan homepage
  5. Mendeskripsikan Hypertext dan HTML
  6. Menggunakan fronf page
  7. Membuat Photo Galery
  8. Menggunakan Microsoft Publiser

4.       MATERI PEMBELAJARAN

  • Browser internet

5.       MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran kooperatif
  • Model pembelajaran langsung

6.       SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa LKS
  2. Seperangkat computer
  3. LCD

7.       KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.      Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
  2. Apersepsi tentang www dan situs internet
  3. Motivasi tentang keistimewaa mengakses internet

B.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)

  1. Melalui informasi melalui LCD guru menjelaskan fungsi dari browser internet misalkan internet explorer
  2. Guru mendemontrasikan cara mengaktifkan internet explorer
  3. Siswa mempraktekan apa-apa yang telah dilakukan oleh guru TIK
  4. Guru memberikan informasi kepada siswa mengenai bagian-bagian yang ada di dalam halaman internet explorer
  5. Siswa diminta untuk mengidentifikasi dan membuka beberapa menu, tool yang ada pada halaman internet explorer serta mempraktekan dengan bimbingan guru mata pelajaran
  6. Siswa mempraktekan cara untuk menggunakan menu dan tool  internet explorer

Pertemuan Ke-2 (2 jam pelajaran)

  1. Guru menginformasikan tentang pengertian www dan homepage serta memberikan contoh melalui layar LCD.
  2. Guru menjelaskan cara penulisan bahasa di dalam halaman internet
  3. Guru memberikan contoh cara penggunaan dan membuat halaman internet dengan menggunakan wordpad seperti membuat heading teks, teks berjalan
  4. Siswa diminta untuk membuat homepage sederhana dari buku pegangan siswa
  5. Guru membimbing jalananya praktikum siswa

Pertemuan ke-3 (2 jam pelajaran)

  1. Guru menginformasikan program-program yang memiliki WYSIWIG untuk pembuatan homepages seperti FrontPage, dan Publiser
  2. Guru memjelaskan cara menggunakan front page
  3. Siswa diberikan tugas untuk membuat homepage dengan menggunakan Frontpage seperti  membuat photo galery
  4. Guru menjelaskan keunggulan dari program desain homepage Publiser dan memberikan contoh cara penggunaan Publiser
  5. Siswa diajakan untuk membuat homepage sesuai dengan buku yang ada pada siswa (karya sadiman penerbit erlangga)
  6. C.      Penutup
    1. Dengan bimbingan guru siswa diajak untuk menyimpulkan jawab
    2. Guru memberikan soal latihan untuk menguji sekitar indikator

8.       PENILAIAN

Penilaian yang dilakukan pada pertemuan ini adalah kemampuan praktek atau psikomotorik dengan menggunakan soal yang ada pada halaman 57 dan 61 (buku jilid 2 )

  • Untuk penilaian yang dilakukan adalah sebagai berikut

Nama Siswa:

Soal hal 57

No Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik Baik Sedang Kurang
1 Kemampuan mengoperasikan publiser
2 Ketepatan pemilihan layout
3 Kesesuain huruf, tulisan, warna
4 Keterampilan menggunakan fasilitas yang ada pada publiser
5 Keterampilan menyimpan dan menampilkan dalam halaman internet
Rata-rata

Penilaian Soal Halaman 61

No Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik Baik Sedang Kurang
1. Cara mengaktifkan frontpage
2. Keterampilan menggunakan menu
3. Keterampilan membuat paragraf
4. Keterampilan menggunakan perintah
5. Ketepatan dengan teks asli
6. Kemampuan menyimpan dan format teks
7. Keterampilan menampilkan hasil frontpage di halaman internet explorer
Rata-rata

 

Kriteria

Sangat baik >= 12 kali  konversi nilai >90

Baik >= 8 kali                  konversi nilai 90 – 80

Cukup >= 6 kali                              konversi nilai 80 – 70

Kurang < 6 kali                               konversi nilai 40 – 60

                                   

 

                                   

Mengetahui                                                                                                                          Cariu, Juli 2011

Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

Drs. Ayep Rahmat, MW. MPd                                                                                           Indra Kurniawan, S.TI

NIP. 196003061986031003                                                                         NIP.198405272011011001

Rencana Pelaksanaan   Pembelajaran (RPP)

 

Mata Pelajaran                    : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Kelas / Semester                 : XI / 1 (SATU)

Waktu                                    :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi           : 1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

Satuan Pendidikan             : SMAN 1 CARIU

1.       KOMPETENSI DASAR

   Cara akses internet

2.       INDIKATOR

·     Menggunakan search engine untuk mencari home page

  • Menggunakan search untuk mencari gambar
  • Menggunakan search engine untuk mencari sesuai dengan kategori tententu

3.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat

Pertemuan ke-1

  1. Menggunakan search engine yahoo untuk mencari website artis indonesia, mencari grup musik, mencarai jurnal penelitian, mencari informasi tentang olimpiade saint, mencari website perguruan tinggi
  2. Menggunakan search engine yahoo untuk mencari gambar, video, local
  3. Menggunakan yahoo.com untuk shooping

Pertemuan ke-2

  1. Menggunakan search google.com untuk mencari informasi, mencari gambar, group

Pertemuan ke-3

  1. Mengelola informasi yang diperoleh

4.    MATERI PEMBELAJARAN

  • Mempraktekan akses internet

6.       MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran kooperatif
  • Model pembelajaran langsung

7.       SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman
  2. Seperangkat computer
  3. LCD

8.       KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.      Pendahuluan

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
  • Apersepsi tentang bagian-bagian komputer
  • Motivasi tentang koneksi antara bagian komputer

B.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)

  1. Guru meninformasikan beberapa webiste yang menyediakan search engine seperti yahoo.com dan google.com
  2. Guru menginformasikan cara untuk mengaktifkan yahoo.com dalam Internet Explorer
  3. Guru menjelaskan bagian-bagian yang ada pada halaman yahoo.com
  4. Guru menginformasikan cara  menggunakan seacrh engine yahoo.com
  5. Siswa diminta untuk mencari informasi tentang website artis indonesia
  6. Siswa diminta untuk mencari informasi tentang grup musik dengan yahoo.com
  7. Siswa diminta untuk mencari informasi tentang jurnal dan penelitian di halaman internet
  8. Siswa diminta untuk mencari informasi tentang website olimpiade Sains
  9. Siswa diminta untuk mencari website tentang perguruan tinggi
  10. Siswa diminta untuk mencari website tentang pendidikan (edukasi.net)
  11. Siswa diminta untuk mencari gambar dengan fasilitas image
  12. Siswa diminta untuk mencari video
  13. Siswa diminta memperagakan cara pencarian dengan kategory local, direktory dan  shooping

Pertemuan ke-2

  1. Siswa diminta untuk mencari informasi dengan menggunakan google.com
  2. Siswa diminta untuk membedakan kecepatan pencarian gambar dengan menggunakan yahoo.com dan menggunakan google.com atau google.co.id

Pertemuan Ke-3

  1. Guru menginformasikan cara menyimpan ke halaman microsoft word dan ke halaman internet dengan save as dan copy-paste

C. Penutup

1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

2.       PENILAIAN

  • Penilaian Kognitif dan Psikomotorik dengan menggunakan soal yang ada pada Uji Indikator halman 84 dan 85.

 

  • Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
  • Untuk penilaian kerja dilihat dari hasil diskusi setiap kelompok

Kelompok              : –

Nama anggota     : 1. ______________         3. _______________                         5. ______________

2. ______________         4. _______________

No Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik Baik Sedang Kurang
1 Kerjasama kelompok
2 Mengajukan pertanyaan
3 Menjawab pertanyaan
4 Menjawab  pertanyaan dengan benar
5 Penyebararan partisipasi
Rata-rata

Kriteria

Sangat baik >= 12 kali  konversi nilai >90

Baik >= 8 kali                  konversi nilai 90 – 80

Cukup >= 6 kali                              konversi nilai 80 – 70

Kurang < 6 kali                               konversi nilai 40 – 60

 

 

 

 

 

                                                                       

Mengetahui                                                                                                                          Cariu, Juli 2011

Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Drs. Ayep Rahmat, MW. MPd                                                                                           Indra Kurniawan, S.TI

NIP. 196003061986031003                                                                         NIP.198405272011011001

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

Mata Pelajaran                    : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester                 : XI / 1 (SATU)

Waktu                                    :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi           : 1. Menggunakan internet untuk keperluan mencari informasi dan komunikasi

Satuan Pendidikan             : SMAN 1 CARIU

1. KOMPETENSI DASAR

1.5. Menggunakan email untuk keperluan informasi dan komunikasi

2.      INDIKATOR

  1. Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
  2. Mendemontrasikan untuk  melampirkan surat dalam pengiiriman email
  3. Mendemontrasikan cara untuk mengambil attatcment file dan memindahkan ke dalam media lain

3.       TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

Pertemuan ke-1 (2 jam pelajaran)

  1. Mendeskripsikan fungsi dari email
  2. Membuat email dengan website yahoo.com
  3. Melakukan login ke account email
  4. Melampirkan surat / attactment
  5. Membuat email dengan internet explorer
  6. Mengecek email yang masuk

Pertemuan Ke-2 (2 jam pelajaran)

  1. Mendaftar ke mailing list
  2. Membuka dan menjawab Diskusi Mailing List

Pertemuan Ke-3 ( 2 jam pelajaran)

  1. Chatting dengan yahoo.com
  2. Menggunakn mIRC untuk chatting

4.       MATERI PEMBELAJARAN

  • Surat  Elektronik
  • Mailing
  • Chatting

5. MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran langsung

6. SUMBER BELAJAR

  • Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya  Sadiman
  • Seperangkat computer
  • LCD, atau Carta

1.       KEGIATAN PEMBELAJARAN

         A.      Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
  2. Apersepsi tentang pengiriman surat di zaman dahulu
  3. Motivasi tentang sms melalui handphone

         B.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)

  1. Guru menginformasikan tentang keunggulan yang dimiliki email
  2. Guru menginformasikan beberapa website yang menyediakan email secara gratis
  3. Guru mendemontrasikan langkah demi langkah cara untuk mendaftar email di halaman yahoo.co.id atau yahoo.com
  4. Guru menginformasikan jika terjadi kesalahan dalam pengisian formulir dan cara memperbaikinya
  5. Siswa dibimbing secara step by step untuk membuat email dengan yahoo.com atau yahoo.co.id
  6. Siswa diminta untuk melakukan account ke email
  7. Siswa dibimbing secara step by step untuk melakukan pengiriman email

Pertemuan Ke-2 ( 2 jam pelajaran)

  1. Siswa dibimbing secara step by step untuk melakukan pengiriman email beserta lampirannya
  2. Guru mendemotrasikan cara untuk mengecek email yang mail
    1. Siswa diajak untuk mendiskusikan masalah mailing list
    2. Guru memberikan contoh secara Step by step diikuti siswa untuk mendaftar mailing list

Pertemuan ke-3 (2 jam pelajaran)

  1. Guru menginformasikan tentang istilah chatting dan web site yang memiliki fasilitas chatting
  2. Guru membimbing siswa untuk chatting dengan menggunakan yahoo.massanger
  3. Guru membimbing siswa untuk chatting dengan menggunakan mIRC

C. Penutup

1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

2.       PENILAIAN

  • Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
  • Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
    • Rancangan jaringan
No Bidang Penilaian

Skor

Sangat Baik Baik Sedang Kurang
1 Keterampilan menggunakan Broswer internet
2 Keterampilan mencari website dengan menggunakan yahoo.com
3 Keterampilan mencari gambar dengen menggunakan yahoo.com
4 Keterampilan mencari gambar dengan menggunakan google.co.id atau google.com
5. Keterampilan membuat account email gratis dari yahoo.com
6. Keterampilan mengirimkan email
7. Keterampilan mengattatcment file
8. Keterampilan chatting dengan yahoo massanger
9. Keterampilan chatting dengan menggunakan Mirc
Rata-rata

Kriteria

Sangat baik >= 12 kali  konversi nilai >90

Baik >= 8 kali                  konversi nilai 90 – 80

Cukup >= 6 kali                              konversi nilai 80 – 70

Kurang < 6 kali                               konversi nilai 40 – 60

                                                                       

Mengetahui                                                                                                                          Cariu, Juli 2011

Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Drs. Ayep Rahmat, MW. MPd                                                                                           Indra Kurniawan, S.TI

NIP. 196003061986031003                                                                         NIP.198405272011011001

sumber: www.slideshare.com

Iklan

About galihf5

humoris,baek,bin misterius Lihat semua pos milik galihf5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: